Humas Karangasem – Sebanyak 40 orang PMI yang dikarantina di Hotel Ramayana Candidasa dilepas oleh Bupati Karangasem , (Selasa 26/5/2020). Mereka diizinkan pulang usai menjalani karantina selama 14 hari dan dari hasil tes cepat telah dinyatakan negative Covid 19.

Bupati Mas Sumatri mengucapkan selamat kembali kepada keluarga masing-masing. Bupati bersyukur hasil rapid test seluruh PMI menunjukkan negatif. Hal ini menandakan bahwa proses karantina sudah dijalani dengan baik dan disiplin. Para PMI yang dikarantina di hotel merupakan bentuk penghargaan Pemkab Karangasem kepada para PMI yang telah berjuang diluar negeri untuk mencari devisa sebagai wujud keikutsertaaan dalam membangun daerah.

Walaupun telah melakukan karantina dan memperoleh hasil rapid test negatif, Bupati Mas Sumatri tidak henti-henti menyarankan para PMI untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah baik itu melakukan sosial distancing dan hal lainnya, ketika berada di rumah masing-masing dengan baik demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Juga diharapka para PMI untuk tidak beraktivitas yang melibatkan banyak orang bahkan berpesta ditengah pandemi covid-19 ini.

“Jadilah contoh di masyarakat dan mari bersama-sama dengan pemerintah bahu-membahu dalam rangka memerangi Covid-19,” ujar Bupati Mas Sumatri

Satgas Covid 19 Kabupaten Karangasem mencatat, karantina kesehatan bagi para tenaga kerja migran ini sudah berlangsung selama sebulan mulai dari 14 april 2020. 422 orang PMI yang sudah berbaur di masyarakat sampai saat ini tidak ada laporan Kesehatan yang menunjukan gejala Covid 19. Kini, masih ada 226 PMI yang menjalani karantina di beberapa tempat di Karangasem. Sedangkan dari 1099 pelaku perjalanan yang sudah berbaur dengan keluarga ,1055 orang sudah selesai pemantauan dan sekitar 54 orang masih dalam pemantauan.

“Pasien sembuh setiap harinya terus mengalami peningkatan. Mudah-mudahan melalui kegiatan karantina seperti ini , akan mengurangi kasus Covid 19 di Karangasem. Kami berharap ini tidak akan bertambah lagi,” ujar Bupati Mas Sumatri.

Mas Sumatri juga menegaskan,Pemerintah Kabupaten Karangasem juga akan memprioritaskan para PMI melalui beberapa kebijakan dalam perkada (Peraturan Kepala Daerah) 1, 2 dan 3. Harapan dari segala upaya Pemerintah Daerah adalah menginginkan masyarakat Karangasem tidak ada yang meninggal karena covid 19. Pemerintah Karangasem juga tidak menginginkan ada masyarakat yang sakit karena tidak makan.

“Usaha daripada pemerintah sangat luar biasa. Saya berharap rekan PMI juga turut serta berjuang memberikan contoh yang baik ketika kembali berbaurd dengan masyarakat. Patuhi dan disiplinlah dalam menjalankan protokol Kesehatan Covid 19,” imbuh Bupati Mas Sumatri sembari membagikan vitamin kepada para PMI.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Asisten II, asisten III dan beberapa OPD terkait.