Humas Karangasem – Gugus Tugas Percepatan Penangulangan Covid-19 Kabupaten Karangasem, kembali menindaklanjuti permasalahan terkait penanganan dampak dari Pandemi Virus Corona di Karangasem, Agenda kali ini membahasa mengenai Penanganan Covid-19 dan Karantina PMI, Senin (27/4).

Rapat yang bertempat di Aula Nawa Satya Dharma dihadiri oleh Forkopimda, Assisten di Lingkungan Setda Kab. Karangasem dan Seluruh OPD terkait yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kab. Karangasem, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Karangasem selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Karangasem.

Agenda rapat kali ini juga terkait karantina PMI dimana hotel yang dipergunakan sebagai tempat karantina yaitu di Ramayana Hotel Sengkidu, Bali Sea Escape Candidasa, Nirwana Hotel, Puri Bagus Candidasa, Taman Surgawi Ujung, Candi Beach Cotage dengan jumlah 224 PMI sampai per tanggal 27 April.

Hal tersebut disampaikan Pj. Sekda Kab. Karangasem I Gede Darmawa selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Karangasem, Dirinya juga mengatakan Setelah Serah Terima SKB sebagai tempat Karantina bila ada PMI yang sudah datang akan dikarantina di SKB.

Darmawa juga menerangkan kasus Covid-19 dikarangasem yang dinyatakan Positif 7 Orang,” warga karangasem yang dinyatakan positif memang 7 orang namun 3 orang diantaranya sudah dinyatakan sehat dan pulih, tetapi tetap kami karantina dan pantau kembali, begitu pula dengan PMI yang sudah 14 hari dikarantina akan kita rapid test lagi agar lebih aman,” terangnya.

Darmawa juga menegaskan bahwa PMI yang dikarantina harus disiplin mengikuti anjuran dan himbauan, begitupula dengan Masyarakat agar taat dalam memakai masker saat berpergian keluar,”Masih sering kita temui di pasar yang membeli dan berbelanja tidak memakai masker, ini harus kita awasi dengan ketat supaya lebih disiplin memakai masker, ini juga demi kebaikan kita bersama,” tegasnya.

Dirinya juga berharap dengan sinergi yang baik maka semua bisa berjalan dengan lebih baik,”bila perlu mari kita ajak seluruh OPD untuk turun membantu dalam penanganan Covid-19, agar semua ini bisa segera berakhir,” harapnya.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Karangasem dalam rapat tersebut meminta agar masyarakat terus di edukasi mengenai Virus Corona ,”dengan wabah seperti ini kita harus terus menerus mengedukasi masyarakat agar paham juga cara pencegahan dan cara memutus mata rantai virus ini,” ajaknya.

Mas Sumatri juga menanggapi mengenai pengerahan seluruh OPD dalam menangani Virus Corona,”situasi emergency seperti ini tidak menutup kemungkinan untuk mengerahkan seluruh OPD agar turut andil dalam penanganan Covid-19, sama seperti saat bencana erupsi gunung agung, kita saling bahu membahu,” ujarnya.

Dirinya juga ingin semua proses dilaksanakan dengan cepat dan baik, dan bisa juga dilaksanakan dengan mebuat rencana kerja yang berisikan kebutuhan dalam rencana kerja tersebut agar dibuat oleh masing-masing kordinator,”mari kita bergerak cepat agar semua masalah bisa segera ditangani, dan semua anggota gugus tugas harus bekerja sesuai tupoksinya, untuk masalah anggaran akan kita bahas secara khusus bersama dengan APIP,” ujarnya.