Humas Karangasem – Pj Sekda Bupati Karangasem I Gede Darmawa selaku ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 didampingi Kalksa BPBD, Kadis Kesehatan dan Kadis Inkom, menerima bantuan penanggulangan covid-19 dari BUMN Peduli , di Posko Satgas BUMN Penanggulangan Covid – 19 Kabupaten Karangasem, Jumat (24/4/2020).

Acara ini dihadiri perwakilan BUMN Kabupaten Karangasem seperti Pertamina,Pos indonesia, BRI,Bank Mandiri,BNI,Telkom Indonesia, PLN, Pegadaian dan Pertamina.

Pj Sekda Gede Darmawa mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada BUMN atas bantuan tersebut. Dengan harapan semua pihak terus bersinergi dan berkoordinasi untuk sama-sama mengurangi penyebaran wabah virus corona di Bumi Lahar.

“Saya berharap, semuanya bisa berkoordinasi dengan maksimal, dan penyaluran bantuan juga tepat sasaran,” kata Gede Darmawa.

Darmawa mengutarakan, secepatnya bantuan tersebut akan disalurkan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 di tingkat kabupaten dan kecamatan yang telah di data oleh tim dari BUMN. Sehingga, bantuan dapat segera difungsikan sesuai keperluan petugas dilapangan.

Koordinator Posko Satgas BUMN Penanggulangan Covid – 19 Kabupaten Karangasem Bonifatius Hendrianto menceritakan, Satgas Bencana Nasional BUMN ini telah terbentuk di tingkat provinsi berdasarkan SK Menteri BUMN Nomor: SK-77/MBU/03/2020. Khusus di Provinsi Bali, berpusat di PT Pelindo III. Namun setiap kabupaten dan kota juga dibentuk koordinator. Anggotanya adalah BUMN yang ada di daerahnya masing-masing.

Posko ini selain sebagai posko bantuan juga sebagai posko sosialisasi, sehingga jika ada masyarakat yang datang, kita kan berikan informasi terkait Covid -19 ini khususnya upaa-upaya dalam pencegahan meluasnya wabah pandemi ini.

Ia ditunjuk sebagai koordinator di Kabupaten Karangasem, jadi pada hari ini bantuan yang diserahkan telah dikoordinasikan untuk di data sehingga nantinya bisa tepat sasaran. Posko akan jalan terus selama Covid belum teratasi.

“Ini adalah bantuan tahap pertama. Tim kami sudah turun ke lapangan keliling rumah sakit atau puskesmas untuk mendata kebutuhannya apa saja. Jadi itu yang akan kami siapkan untuk kami serahkan,” ungkapnya.

Bantuan yang diserahkan mungkin belum bisa memenuhi kebutuhan semua paramedis yang tersebar di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Karangasem. Ada 13 Puskesmas yang memerlukan beberapa kebutuhan dalam bertugas menghadapi pandemi virus corona. Namun BUMN baru bisa membantu 3 Puskesmas saja. Kebutuhan yang diserahkan salah satunya alat semprot elektronik disinfektan beserta cairan disinfektan.

“Kami turut prihatin terhadap bencana virus Covid-19 ini. Harapan kami, semoga bantuan ini bisa bermanfaat,” tutupnya.